MENULIS YANG BAIK DAN BENAR ANTI
PLAGIASI
Siti Latifatul Khotidjah
D-III Keperawatan Malang Kelas 1A
Dalam menempuh pendidikan sering
diberikan tugas untuk menulis. Seperti dalam menempuh pendidikan di Perguruan
Tinggi seringkali diberikan tugas untuk membuat karya ilmiah seperti artikel,
makalah, proposal, karya tulis ilmiah, maupun skripsi. Namun mahasiswa sering
melakukan salin-timpa dari berbagai sumber tanpa memberikan kutipan dan
mencantumkan sumber. Hal ini menyebabkan plagiasi menjadi sebuah kebiasaan yang
tidak disadari dapat merugikan orang lain.
Pengertian plagiasi dalam Permindiknas
No. 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan
Tinggi “Plagiat sebagai perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam
memperoleh atau mencoba memperoleh angka kredit atau nilai untuk suatu karya
ilmiah, dengan mengutip sebagaian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah
pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara
tepat dan memadai”.
Menurut Didin Widyartono (2012) ada
3 faktor yang menyebabkan plagiat :
1. Ketidaktahuan dalam pengolahan informasi
Dalam mengambil informasi baik pendapat
maupun gambar harus dikutip dan diberi sumber.
2. Kelupaan
Lupa dalam mencantumkan sumber.
3. Kesengajaan
Secara sadar penulis sengaja tidak
memberikan kutipan maupun sumber.
Purnawan (2017) mengatakan bahwa“Hasil
pemikiran yang dituangkan ke ranah publik adalah tetap menjadi hak dari
penulisnya, semacam kekayaan intelektual yang tidak bisa dengan mudah diambil
begitu saja. Orang yang pertama kali mengungkapkan sebuah gagasan atau hasil
pemikiran ke publik, dengan demikian, akan menjadi pemilik gagasan tersebut”.
Jadi dalam mengambil informasi kita
harus mengutip dan mencantumkan sumbernya, karena informasi tersebut milik penulis.
Jika kita melakukan plagiasi sama saja kita mencuri dalam bentuk pemikiran
orang lain dan dapat merugikan penulis, karena dalam mendapatkan informasi
tersebut penulis sudah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, bahkan harta
mereka.
Dalam mengutip ada dua cara, yaiu
secara langsung maupun tidak langsung. Menurut Didin Widyartono (2015) “Kutipan
langsung merupakan tindakan menyalin kalimat dari penulis asli secara langsung,
sedangkan kutipan tidak langsung merupakan tindakan menyalin ide dari penulis
pertama dengan ekspresi bahasa dari penulis berikutnya secara tidak langsung
(parafrasa)”.
Berdasarkan berbagai pemaparan dan panduan tentang
plagiat dan cara pencegahannya (a.l. Lipson, 2008; Roig, 2006; Mason, 2009;
Harries, 2004) maupun panduan yang diterbitkan online di situs jejaring
berbagai perguruan tinggi (lihat a.l. University of Melbourne; University of
New York; Griffith University; University of Birmingham), “Sedikitnya ada tiga bentuk pelanggaran
dalam pengutipan bahan dari karya orang lain, yaitu (1) tidak menyebutkan
sumbernya dengan benar dan lengkap pada teks maupun dalam daftar rujukan, (2)
tidak menggunakan tanda kutip pada kutipan langsung, dan (3) menggunakan
kata-kata atau tata bahasa dari sumbernya dalam jumlah yang melampaui kepatutan”.
DAFTAR RUJUKAN
Purnawan, A. 2017. Penanaman Perilaku
Anti-Plagiasi Dalam Perkuliahan Writing For Academic Assignments, (https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/16009),
diakses pada 29 Oktober 2018.
Santoso, H. 2015. Pencegahan Dan Penaggulangan Plagiarisme Dalam
Penulisan Karya Ilmiah Di Lingkungan Perpustakaan Perguruan Tinggi, (http://library.um.ac.id/images/stories/pustakawan/pdfhasan/plagiarisme.pdf),diakses
pada 29 Oktober 2018.
Wachidah, S.2013. Plagiarisme
Dalam Kata-Kata Mahasiswa: Analisis Teks Dengan Pendekatan Fungsional,
(http://www.linguistik-indonesia.org/images/files/Plagiarisme%20dalam%20Kata%20Kata%20Mahasiswa%20Analisis%20Teks%20dengan%20Pendekatan%20Fungsional.pdf)
, diakses pada 29 Oktober 2018.
Widyartono, D. 2012. Plagiat, (http://didin.lecture.ub.ac.id/keterampilan-menulis/plagiat),diakses
pada 29 Oktober 2018.
Widyartono, D.2015. Model Pembelajaran Menulis Kutipan Berbasis Blended Learning,
(https://www.researchgate.net/publication/320554079_MODEL_PEMBELAJARAN_MENULIS_KUTIPAN_BERBASIS_BLENDED_LEARNING/download),
diakses pada 29 Oktober 2018.
Komentar
Posting Komentar